LOGO puskesmas jakem
Beranda > Sop Alur Pelayanan Loket

SOP Alur Pelayanan Loket

Posting oleh puskesmasjakemlobar - 13 Okt. 2021 - Dilihat 181 kali

 

 
 
 

 

ALUR PELAYANAN LOKET

 

SOP

No. Dokumen  :               

No. Revisi        :

Tanggal Terbit :

Halaman           : 1 / 4

UPT PUSKESMAS JEMBATAN KEMBAR

 

Agus Sutrisman, S.Si.M.Kes

NIP : 198108192008031001

 

  1. Pengertian

Alur pelayanan adalah urutan pelayanan rawat jalan pasien puskesmas jembatan kembar dari saat pasien datang sampai pasien pulang

  1. Tujuan

Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk melaksanakan alur pelayanan pasien .

  1. Kebijakan

Keputusan Pemimpin UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar Nomor.   /SK/UPT-BLUD.PKM.JK/II/2020 tentang kebijakan Alur pelayanan.

  1. Referensi

PERMENKES NO.75 TH 2014 Tentang Puskesmas.

  1. Prosedur / Langkah - langkah
  1. Pasien datang mengambil nomor antrian
  2. Pasien diberikan nomor antrian sesuai kebutuhan Loket A (anak dan dewasa) Loket B(Lansia dan pasien berkebutuhan khusus) Loket C ( Ibu Hamil dan KB dan anak di bawah usia 2 Bulan.
  3. Pasien  menunggu di ruang tunggu pendaftaran sampai petugas memanggil nomor antriannya (sesuai dengan kartu loket yang di tuju). 
  4. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian. Pasien dengan no antrian anak anak dan dewasa menuju ke loket A dan, pasien dengan lansia menuju loket B dan untuk ibu hamila ke loket C.
  5. Petugas menyapa  pasien dan memberi salam
  6. Petugas menanyakan identitas pasien ( KTP/SIM/KK) dan memasukkan ke dalam buku register
  7. Petugas menanyakan kartu berobat
  8. Petugas mengambil Rekam Medis pasien (Bila pasien membawa kartu berobat)
  9. Petugas mencari di buku bantu dan mengecek di komputer bila pasien tidak membawa kartu berobat
  10. Petugas membuatkan kartu berobat bila pasien baru
  11. Petugas membuat nomor register dan memasukkan ke buku bantu dan membuat kartu berobat dan Rekam Medis untuk pasien baru
  12. Petugas mencatat nomor rekam medis, identitas, dan tanggal kunjungan  pada status rawat jalan atau rekam medis dan mengumpulkan pada map sesuai warna unit layanan loket yang telah dituju oleh pasien.
  13. Petugas mengembalikan kartu berobat, kartu identitas pasien kepada pasien
  14. Petugas mendistribusikan status rawat jalan ke unit pelayanan
  15. Petugas meminta pasien menunggu di ruang tunggu unit yang dituju.
  16. Petugas unit pelayanan memanggil dan melaksanakan pemeriksaan.
  17. Bila diperlukan pemeriksaan penunjang maka petugas memberikan  formulir pemeriksaan  ke unit laboratorium.
  18. Petugas memberikan resep, surat rujukan dan atau surat keterangan dokter.
  19. Petugas mempersilahkan pasien untuk membawa resep ke apotek.
  20. Pasien menyerahkan resep ke apotek.
  21. Petugas apotek memanggil nama pasien.
  22. Petugas apotek menyerahkan obat kepada pasien.
  23. Petugas apotek menjelaskan aturan minum obat.
  24. Pasien pulang.
  1. Diagram Alir

 

  1. Hal hal yang perlu diperhatikan
  1. Apabila ada pasien dengan kebutuhan khusus maka petugas keamanan harus sigap untuk membantu  pasien
  1. Unit Terkait
  1. Ruang Pendaftaran/loket  dan Rekam Medik
  2. Ruang poli dewasa
  3. Ruang TB
  4. Ruangan poli kesehatan gigi dan mulut
  5. Ruangan Kesehatan Ibu anak dan KB
  6. Ruang poli anak
  7. Ruang Gawat Darurat
  8. Laboratorium
  9. Ruang Apotek
  10. Ruang Lansia
  1. Dokumen Terkait

-

  1. Rekaman Historis Perubahan

 

No.

Yang Diubah

Isi Perubahan

Tanggal Mulai Diberlakukan

1.

Nama kepala Puskesmas

Agus Sutrisman, S.Si.M.Kes

NIP : 198108192008031001