- Pengertian
|
Alur pelayanan adalah urutan pelayanan rawat jalan pasien puskesmas jembatan kembar dari saat pasien datang sampai pasien pulang
|
- Tujuan
|
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk melaksanakan alur pelayanan pasien .
|
- Kebijakan
|
Keputusan Pemimpin UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar Nomor. /SK/UPT-BLUD.PKM.JK/II/2020 tentang kebijakan Alur pelayanan.
|
- Referensi
|
PERMENKES NO.75 TH 2014 Tentang Puskesmas.
|
- Prosedur / Langkah - langkah
|
- Pasien datang mengambil nomor antrian
- Pasien diberikan nomor antrian sesuai kebutuhan Loket A (anak dan dewasa) Loket B(Lansia dan pasien berkebutuhan khusus) Loket C ( Ibu Hamil dan KB dan anak di bawah usia 2 Bulan.
- Pasien menunggu di ruang tunggu pendaftaran sampai petugas memanggil nomor antriannya (sesuai dengan kartu loket yang di tuju).
- Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian. Pasien dengan no antrian anak anak dan dewasa menuju ke loket A dan, pasien dengan lansia menuju loket B dan untuk ibu hamila ke loket C.
- Petugas menyapa pasien dan memberi salam
- Petugas menanyakan identitas pasien ( KTP/SIM/KK) dan memasukkan ke dalam buku register
- Petugas menanyakan kartu berobat
- Petugas mengambil Rekam Medis pasien (Bila pasien membawa kartu berobat)
- Petugas mencari di buku bantu dan mengecek di komputer bila pasien tidak membawa kartu berobat
- Petugas membuatkan kartu berobat bila pasien baru
- Petugas membuat nomor register dan memasukkan ke buku bantu dan membuat kartu berobat dan Rekam Medis untuk pasien baru
- Petugas mencatat nomor rekam medis, identitas, dan tanggal kunjungan pada status rawat jalan atau rekam medis dan mengumpulkan pada map sesuai warna unit layanan loket yang telah dituju oleh pasien.
- Petugas mengembalikan kartu berobat, kartu identitas pasien kepada pasien
- Petugas mendistribusikan status rawat jalan ke unit pelayanan
- Petugas meminta pasien menunggu di ruang tunggu unit yang dituju.
- Petugas unit pelayanan memanggil dan melaksanakan pemeriksaan.
- Bila diperlukan pemeriksaan penunjang maka petugas memberikan formulir pemeriksaan ke unit laboratorium.
- Petugas memberikan resep, surat rujukan dan atau surat keterangan dokter.
- Petugas mempersilahkan pasien untuk membawa resep ke apotek.
- Pasien menyerahkan resep ke apotek.
- Petugas apotek memanggil nama pasien.
- Petugas apotek menyerahkan obat kepada pasien.
- Petugas apotek menjelaskan aturan minum obat.
- Pasien pulang.
|
- Diagram Alir
|
|
- Hal hal yang perlu diperhatikan
|
- Apabila ada pasien dengan kebutuhan khusus maka petugas keamanan harus sigap untuk membantu pasien
|
- Unit Terkait
|
- Ruang Pendaftaran/loket dan Rekam Medik
- Ruang poli dewasa
- Ruang TB
- Ruangan poli kesehatan gigi dan mulut
- Ruangan Kesehatan Ibu anak dan KB
- Ruang poli anak
- Ruang Gawat Darurat
- Laboratorium
- Ruang Apotek
- Ruang Lansia
|
- Dokumen Terkait
|
-
|
- Rekaman Historis Perubahan
|
No.
|
Yang Diubah
|
Isi Perubahan
|
Tanggal Mulai Diberlakukan
|
1.
|
Nama kepala Puskesmas
|
Agus Sutrisman, S.Si.M.Kes
NIP : 198108192008031001
|
|
|